Berkemah di Sendang Gede, ini Syarat Administrasinya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Mencari tempat strategis untuk sekedar menggelar acara di luar rumah atau berkemah, dibutuhkan beberapa pertimbangan lokasi dan persiapan khusus. Sebab, dengan target kondisi alam dan fasilitas yang cukup memadai di suatu daerah, juga perlu menyiapkan beberapa administrasi untuk melakukan kemah.

Seperti lokasi kemah di Desa Jegulo, Kecamatan Soko ini. Dengan lokasi dan fasilitas yang cukup memadai, serta panorama alam khas nan indah ala dataran tinggi, pihak pengurus membeberkan hal-hal jika masyarakat umum ingin berkemah di bumi perkemahan Sendang Gede.

"Pertama, harus menyiapkan administrasi surat perizinan ke pihak pemerintah desa. Sesudah itu tinggal koordinasi dengan pengalokasian," ujar salah seorang pengurus bumi perkemahan Sendang Gede, Gofur kepada blokTuban.com, Sabtu (31/3/2018).

Selanjutnya, pemuda yang juga merupakan anggota Karang Taruna desa setempat itu juga menambahkan jika biaya administrasi berkemah di Sendang Gede dihitung per kepala. Salam artian, pe rorang yang ingin melakukan kegiatan jenis kemah diharuskan membayar Rp 3.000 saja.

"Kita ngitungnya per kepala. Sedangkan jika butuh aliran listrik, pihak penyelenggara kemah juga bisa mendapatkannya dengan mengganti biaya pakai, seikhlasnya saja asal wajar," imbuhnya.

Dengan informasi tersebut, kedepan diharapkan lokasi perkemahan di Kecamatan Soko itu bisa berkembang dan lebih dikenal oleh khalayak umum. Mengingat juga, tak sedikit juga warga luar Kabupaten Tuban, seperti dari Kabupaten Gresik, Bojonegoro, dan Lamongan sering berkemah di sana selagi waktu liburan berjalan.

Peserta kemah yang datang juga bisa memilih beberapa spot kemah yang ada di sekitar sendang. Adapun titik perkemahan yang bisa dipakai, yakni lokasi utama yang ada di dekat sendang, sebelah barat pohon besar sekitar sendang, juga lokasi alami yang di timur sendang yang menyajikan pemandangan cantik dari atas sana. [feb/ito]