Ditangani Darurat Besok Kerja Bhakti di Lokasi

Reporter: Sri Wiyono


blokTuban.com - Saluran irigasi yang jebol di Dusun Prambon, Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko bakal ditangani darurat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan gedhek dan sesek untuk menahan agar tanah di pinggir saluran tak terus ambrol.


''Hasil pendataan kami di lapangan, penanganan darurat harus segera dilakukan,'' ujar Kepala Pelaksana BPBD Tuban Joko Ludiyono kemarin.


Dia mengatakan, untuk memasang gedhek dan sesek tersebut, BPBD bersama muspika Soko dan warga besok dijadwalkan kerja bhakti. Dilibatkannya masyarakat untuk menunjukkan kebersamaan antara pemerintah dan rakyat.


''Kita kerja bhakti mulai pagi untuk memasang penahan darurat itu,'' tambahnya.


Mantan Camat Widang ini menambahkan, pihakya sudah koordinasi dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Penanganan irigasi yang jebol karena tanahnya longsor itu tidak bisa dalam waktu dekat ini.


''Sudah pasti akan dilakukan perbaikan. Namun tidak dalam waktu dekat ini. Sehingga harus ditangani darurat dulu,'' katanya.


Penanganan darurat itu dilakukan untuk memastikan tanah di area irigasi tersebut tidak semakin longsor. Saat ini warga dihimbau untuk tidak mendekati lokasi. Pemilik rumah di dekat lokasi yang longsor juga diminta terus waspada.


''Sambil menunggu perbaikan permanen kita pastikan dulu kondisi di sana aman,'' tandasnya.[ono]