Cuaca Buruk, Produksi Ikan Asin Turun

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Cuaca buruk berupa gelombang besar yang terjadi di perairan laut Tuban dalam beberapa pekan terakhir ini membuat produksi ikan asin menurun.

Para nelayan yang enggan melaut berdampak pada pendapatan pengusaha ikan asin. Sebab, pengusaha ikan asin mengaku kesulitan untuk mendapatkan ikan segar yang akan diolah.

"Sulit sekarang untuk mendapatkan ikan, ini lagi musim cuaca buruk," kata pengusaha ikan asin dari Desa Pabeyan, Kecamatan Tambakboyo, Muna kepada blokTuban.com, Jumat (12/1/2018).

Dia menuturkan, akibat cuaca buruk yang terjadi ini pendapatan ikan segar yang akan diolah menjadi ikan asin berkurang drastis. Jika sebelumnya pengusaha bisa mendapat 1 ton ikan asin, kini untuk mencari 1 kuintal saja sulit.

Bahkan, untuk menjaga stabilitas produksi ikan kering, pengusaha harus memanfaatkan ikan beku yang tersimpan pada cold storage atau bisa membeli ke pengusaha lain.

"Ini kalau terpaksa darurat ya beli ke pengusaha yang menyimpan ikan di cold storage. Yang jelas untuk produksi ikan kering menurun," ungkapnya.

Dia menambahkan, produksi ikan kering yang dilakukan pada saat musim cuaca buruk ini tak lain adalah untuk memberi penghasilan pada pekerja saja. Sebab tidak ada pekerjaan lainnya.

"Jalan sedikit-sedikit tidak masalah, yang penting bisa mempekerjakan masyarakat," tutup dia.[nok/col]