Launching KLA, Bupati Berharap Tuban Jadi Kota Ramah Anak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Bupati Tuban H. fathul Huda melaunching Tuban menuju program Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2017, Senin (20/11/2017).

Program tersebut untuk menciptakan lingkungan dan keluarga yang ramah serta untuk mewujudkan suasana yang kondusif bagi tumbuh kembang anak yang sehat berprestasi dan berakhlak mulia.

Menurut Bupati Tuban, H. Fathul Huda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Tuban mencanangkan Kabupaten Tuban sebagai KLA semenjak tahun 2013. Hal itu diwujudkan melalui Perda dan Surat Keputusan Bupati Tuban, yang merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Tuban dalam mewujudkan Kabupaten ramah anak. 

“Anak merupakan bagian dari masa kini yang tidak hanya menjadi obyek dalam pembangunan, namun menjadi subyek yang berperan dalam menentukan masa depan,” terang Bupati Tuban dua periode tersebut

Bupati yang juga mantan Ketua PCNU Tuban tersebut menambahkan, KLA mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen, sumberdaya pemerintah, lembaga masyarakat, media massa, dan dunia usaha yang terencana.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan bahwa hak-hak anak yang harus dipenuhi mencakup empat bidang diantaranya, hak atas kelangsungan hidup  yang layak dan pelayanan kesehatan, hak untuk berkembang juga mencakup hak anak berkebutuhan khusus atas pelayanan dan hak perlindungan. 

"Sebagai contoh, dari Dinas Pendidikan memiliki program sekolah ramah anak, dari Dinas Kesehatan mempunyai program Puskesmas dan Rumah Sakit ramah anak, tentu hal semacam ini bisa disinergikan untuk mewujudkan Tuban lebih ramah anak” jelasnya. 

Hal yang sama diungkapkan Oleh Widyawati, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur. Ia menuturkan bahwa negara wajib memenuhi 5 cluster yang menjadi hak-hak anak, yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative.

Keseriusan Pemerintah Provinsi Jatim untuk mewujudkan KLA ini membuahkan hasil yang cukup baik, "Pada tahun ini Jawa Timur mendapatkan penghargaan sebagai provinsi penggerak KLA, dan saat ini di Jatim dari 38 Kabupaten dan Kota sudah 27 Kabupaten/Kota yang layak anak," ucap widyawati.

Diketahui, dalam kegiatan yang mengambil tema ‘Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak’ hadir pula jajaran Forkopimda Tuban, pimpinan OPD terkait, Tim Penggerak PKK Kabupaten dankecamatan. [hud/col]