Ini 10 Tuntutan Demo Buruh Gunawan Fajar Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan buruh Kabupaten Tuban yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Tuban menggelar demo di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Senin (20/11/2017).

Mereka turun ke jalan lantaran kecewa dengan Pabrik Plastik PT.Gunawan Fajar Tuban yang dinilai mengabaikan kesejahteraan pekerjanya.

Dalam aksinya, puluhan buruh tersebut membawa 10 tuntutan yaitu, menuntut upah sesuai UMK Tuban tahun 2017, Meminta diterbitkanya Slip Gaji, dan Menolak Putus Hubungan Kerja (PHK) sepihak yang dilakukan oleh PT. Gunawan Fajar.

"Kurang lebih ada sekitar 15 karyawan yang di PHK hanya secara lisan oleh PT. Gunawan Fajar dan saat kami meminta bukti kontrak keja tidak pernah dikasih. Seharusnya PHK harus sesuai prosedur dan dicatatkan di Dinas Ketenagakerjaan," kata Mustain.

Lanjut Mustain, tuntutan selanjutnya, meminta perjanjian kontrak kerja, meminta seluruh karyawan diikutsertakan jaminan sosial tenaga kerja, Meminta perlakuan yang sama terkait jam kerja, menolak upah lembur yang dobawah ketentuan perundang-undangan, menuntut uang makan dan transport, meminta hak cuti serta meminta digaji jika tidak masuk kerja karena sakit dan bisa menunjukkan surat dokter.[hud/ito]