Puluhan Buruh PT. Gunawan Fajar Gelar Aksi Demo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan buruh pabrik plastik PT. Gunawan Fajar Kabupaten Tuban menggelar aksi demo di Gedung DPRD Kabupaten Tuban, Senin (20/11/2017).

Dengan membawa atribut demo, aksi puluhan buruh tersebut dimulai dari pabrik PT. Gunawan Fajar di Jalan Piere, No.17 Tendean, Kelurahan Ronggomulyo dan dilanjutkan ke Gedung DPRD Tuban.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Mustain mengungkapkan, pada aksi ini ada 10 petisi tuntutan yang dibawa untuk disampaikan kepada anggota dewan.

"Kami membawa 10 tuntutan pada aksi ini," ungkap Mustain.

Menurutnya, dari 10 tuntutan itu diantaranya adalah menuntut upah sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tuban tahun 2017 dan meminta diterbitkanya slip gaji yang selama 6 bulan ini ditiadakan.

"Selama ini kami dibayar di bawah UMK Tuban dan itu tidak dibenarkan dalam undang-undang. Rata-rata perhari kami digaji 63.400, sedangkan UMK Tuban 1.901.960, berdasarkan kehadiran seharusnya gaji perhari Rp76.000," ungkapnya.

Sementara itu, dari pantauan blokTuban.com, aksi buruh tersebut dijaga oleh puluhan aparat kepolisian dari Polres Tuban. [hud/rom]