Hujan Turun, Sawah di Plumpang Terendam Banjir

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pasca hujan yang mengguyur rata di berbagai daerah Kabupaten Tuban, sejumlah sawah milik petani di Kecamatan Plumpang terendam banjir, Selasa (14/11/2017).

Sawah yang terendam air hujan yang tiba pada pukul 13.30 WIB hingga 18.30 WIB malam itu banyak ditemui di Desa Sembungrejo dan Desa Plandirejo, Kecamatan Plumpang.

Lebih dari 5 hektar sawah milik petani setempat terendam air hujan. Hal itu disebabkan oleh curah hujan berlebih, ditambah jalur air yang hanya memiliki satu aliran pembuangan.

"Sekali hujan deras, disini langsung banjir seketika," papar Husun Kromo, salah satu petani asal Sembungrejo, Kecamatan Plumpang kepada blokTuban.com.

Sementara itu, di sawah lain yang hanya dibatasi pematang tepian sawah juga mengalami hal sama.

"Di sembungrejo ini sawahnya milik petinggi mantan dan beberapa warga, sedang yang di sebelah timur milik warga Plandirejo," jelasnya lagi.

Kendati demikian, para petani di desa tersebut tidak menyerah begitu saja. Petani tetap juga menanam padi jenis Jirang Jumbo dan Jirang Prima di sawah yang terkena banjir akibat guyuran hujan kemarin. [feb/ito]