Peningkatan Nasabah di Pegadaian Belum Signifikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Memasuki musim tanam,  jumlah masyarakat yang menggadaikan barang atau nasabah yang melakukan transaksi di PT. Pegadaian  (Persero) Cabang Tuban di Jalan Lukman Hakim, Tuban mengalami peningkatan.

Berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, peningkatan nasabah yang menggadaikan barang tersebut  mulai dirasakan Pegadaian Cabang Tuban semenjak bulan Oktober, dengan jumlah peningkatan nasabah sekitar 20 persen.

“Dimusim tanam ini nasabah meningkat, tapi peningkatan tersebut tidak berlangsung signifikan,” kata Eko Ngardiyanto kepada blokTuban.com melalaui sambungan telepon.

Eko menambahkan, untuk musim tanam kali ini peningkatan nasabah di pegadaian cabang Tuban dipengaruhi  karena hujannya di kawasan Kabupaten Tuban tidak menentu. Sehingga peningkatan belum signifikan.

Biasanya sebelum terjadi peningkatan, jelas Eko, dalam sehari yang datang ke pegadaian sekitar 30 nasabah, namun di musim tanam sekarang perhari padat dan bisa sampai 50 nasabah.

Ia berharap, di musim tanam ini hujan segera turun sehingga masyarakat petani segera bisa kembali menanam dan dana yang dibutuhkan segera dipenuhi oleh Pegadaian. “Sehingga kesejahteraan benar-benar dirasakan oleh petani, karena selama ini hujannya masih jarang turun,” tambah Eko.

Sementara itu, dari informasi yang diterima blokTuban.com, rata-rata nasabah banyak menggadaikan barang berharganya berupa emas dan perhiasan untuk dipergunakan sebagai modal menanam di samping itu untuk usaha dan untuk biaya sekolah. [hud/ito]