Bisnis Car Wash, Alternatif Usaha saat Musim Hujan

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Musim hujan yang datang kala mendekati akhir tahun, begitu dinantikan oleh sebagian besar masyarakat. Pasalnya keadaan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khusus petani untuk merawat ladangnya.

Tak hanya petani saja yang diuntungkan dengan adanya hujan untuk mengolah usaha pertaniannya, salah satunya adalah para pebisnis Car Wash atau sering disebut dengan usaha cuci kendaraan.

Ketika hujan tiba pada sore ataupun malam hari, sudah dipastikan pengguna kendaraan bermotor, baik itu roda dua ataupun roda empat sering mencucikan kendarannya, lantaran kotor akibat menerjang hujan.

"Musim hujan bisa jadi peluang untuk pelaku usaha cuci kendaraan bermotor. Setiap hari kita pasti cuci kendaraan," papar Pak Mur, salah satu sopir truk yang ditemui blokTuban.com, Minggu (5/11/2017).

Tak bisa dipungkiri, bagi sebagian besar pengguna kendaraan bermotor yang tak bisa melihat kendaraannya kotor, pasti akan selalu merawat kendaraan miliknya. "Kendaraan kalau bersih kan juga enak dipandang dan nyaman saat memakainya," imbuhnya.

Sementara itu, Agus salah satu pelaku usaha cucian mobil-motor yang berada di wilayah Kecamatan Soko selatan, mengaku cukup banyak mendapatkan cucian saat musim penghujan ini.

"Alhamdulillah, cukup banyak dapat cucian. Kebanyakan yang kesini mobil dan truk," ujarnya.

Kendati demikian, usaha yang dijalani hampir setahun itu tak lantas selalu ramai pengunjung yang mencuci kendaraan mereka. Hal ini disebabkan dari banyaknya pelaku usaha Car Wash yang juga ikut bersaing dalam usaha yang bekembang pesat 5 tahun terakhir ini. [feb/rom]