Banyak Saingan, Pelanggan Car Wash Menurun

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Meskipun datangnya musim penghujan dirasa menguntungkan bagi para pelaku usaha cucian mobil-motor, prospek usaha tersebut dinilai menurun dari tahun ke tahun.

Beberapa pengusaha cucian kendaraan bermotor tersebut juga mengaku merasakan hal yang sama. Tren car wash yang ramai diminati pada 5 tahun terakhir itu mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

"Mungkin juga karena banyak yang membuka usaha seperti ini di tempat lain, karena usaha cucian terbilang menurun dari waktu ke waktu," ungkap Agus, salah satu pelaku usaha cucian motor asal Desa Simo, Kecamatan Soko, Minggu (5/11/2017).

Dalam seharinya, bapak satu anak tersebut sering mendapat cucian mobil dan truk paling ramai 5 sampai 8 unit kendaraan, "itu belum termasuk sepada motor juga, tapi tetap disyukuri saja biar berkah," imbuhnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi kerjanya.

Di tempat berbeda, salah satu pemilik usaha cucian motor di Desa Mentoro juga merasa hal yang sama. Dalam sehari, tempat cucian milik Budi hanya mendapat beberapa unit motor.

"Ada yang nyuci kesini sudah syukur, mungkin pemilihan tempat yang kurang strategis. Dijalani saja, soalnya tempat ini juga baru 3 bulan," paparnya. [feb/rom]