Seni Tongklek Masih Jadi Hiburan Warga

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ratusan warga nampak memenuhi kediaman bapak Salim yang berada di Desa Pandanagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Bukan apa-apa, kedatangan mereka tak lain adalah untuk menyaksikan pertunjukan seni tongklek dalam acara pernikahan salah satu putri pak Salim tadi malam, Senin (6/11/2017).

Irama dan nada khas dari alat musik tradisional itu, membawa suasana tersendiri bagi para tamu dan warga sekitar yang turut hadir dalam lantunan seni tongklek Wira-Wiri Budoyo asal Kecamatan Plumpang itu.

"Hiburan dangdut kan sudah biasa, kalau tongklek ini lebih seru dan jelas beda," papar Toriq, salah satu tamu yang hadir dalam acara mantenan tersebut.

Dalam kesempatan itu, dia bersama teman-temannya sengaja datang dan meluangkan sedikit waktu untuk mendengarkan lagu-lagu campursari, dangdut, ataupun pop yang telah diaransemen menjadi musik tongklek.

"Kalau sudah begini, bawaannya tenang. Teman-teman juga anteng karena ada artisnya juga," imbuhnya lagi kepada blokTuban.com.

Di tempat yang berbeda, yakni dalam acara khitanan di Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan juga sama. Banyak warga berbondong untuk menyaksikan pagelaran seni tongklek yang disajikan GPL Budoyo asal Desa Maibit Rengel, Sabtu (4/11/2017).

"Pas malam minggu, bisa jadi hiburan meriah ini," kata Sumi, warga setempat.

Kendati demikian, para pelaku kesenian tersebut berharap, agar kesenian asli Tuban itu terus dijaga dan dilestarikan. Mengingat perkembangan zaman yang semakin menggerus budaya lokal, sehingga perlahan hilang ditelan budaya moden baru. [feb/rom]