Ribuan Jemaah Khusuk Padati Komplek Makam

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ribuan orang dari berbagai penjuru daerah, menghadiri Haul Ke-55 Mbah Abdul Jabbar, Nglirip, Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (7/10/2017). Acara haul dipusatkan di komplek makam mbah Jabbar Nglirip di Jalan Raya Singgahan-Montong atau tepatnya di barat air terjun Nglirip.

Para jemaah memadati cungkup, musala, dan halaman makam yang berada di puncak Nglirip itu. Mereka terdiri dari Masyayich, Alim ulama, Santri, dan masyarakat umum.

Kepala Desa Mulyoagung, Muhail mengatakan, haul yang bertepatan dengan hari Sabtu Kliwon, 17 Muharrom 1439 Hijriyah ini merupakan haul yang ke-55 tahun. Hail mengklaim, haul ini sebagai upaya melestarikan budaya leluhur yang dikemas islami.

"Sebagai masyarakat lokal, kita harus tetap menjaga budaya Ziarah ke makam leluhur, yang mana Mbah Abdul Jabbar dipercaya masyarakat sebagai Wali Allah," ungkap Hail kepada ribuan peziarah.

Acara haul dimulai pukul 08.00 WIB yang diawali dengan bacaan surat Yasiin dan Istighosah Rotibul Haddad yang dipimpin KH. Ubaidillah Faqih Langitan. Kemudian dilanjutkan dengan tahlil bersama dan pengajian umum yang di isi oleh KH Irfan Sholeh dari Tambakberas Jombang.

"Info sementara prakiraan pengunjung tidak kurang dari 3000 orang yang berasala dari wilayah Tuban, Bojonegoro dan Blora," ulas Hail di lokasi haul.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ribuan jemaah khusuk mengikuti rangkaian acara. Suasana yang tidak terlalu panas menambah khidmatnya acara. [rof/ito]