85 Waranggono Jalani Ritual Siraman di Sendang Bektiharjo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Sebanyak 85 Waranggono atau Sinden se-Kabupaten Tuban menjalani ritual siraman di Wisata Pemandian Sendang Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Ritual siraman yang menjadi agenda tahunan ini sekaligus menjadi salah satu rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-724.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Sulistiyadi, ritual siraman diselenggarakan rutin setiap tahun, dengan tujuan untuk memberikan bekal terkait pendidikan dasar Waranggono termasuk sopan santun.

“Kita kan punya potensi budaya waranggono yang telah dikenal provinsi maupun nasional, ini untuk memberikan bekal pendidikan dasar,” ungkap Sulistiyadi kepada blokTuban.com, Rabu (1/11/2017).

Diharapkan setelah melaksanakan ritual siraman atau wisuda ini, nantinya Waranggono di Kabupaten Tuban siap untuk melaksanakan kegiatannya di tengah-tengah masyarakat.

“Diharapkan setelah wisuda ini, Warnggono Tuban siap untuk memberikan hiburan-hiburan di masyarakat Kabupaten Tuban,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta ritual siraman asal Kecamatan Jatirogo, Anita Fitria Erawati (20), mengaku senang mengikuti ritual siraman ini dan kedepanya berharap bisa lebih meningkatkan apa yang sudah diajarkan dan bisa belajar dari waranggono senior terkait tembangnya atau tarianya.

“Dengan ritual siraman ini, kedepannya bisa lebih meningkatkan apa yang sudah diajarkan dan bisa belajar melalui waranggono senior,” ucap Fitria. [hud/rom]

w1