Kedungjambangan Wakili Bangilan di Lomba Desa Siaga Aktif

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban kedatangan tamu dari Tim Penilai Desa Siaga Aktif Kabupaten setempat. Pertemuan yang berlangsung selama satu hari itu dipusatkan di balai desa setempat, Senin (9/10/2017).

Kedatangan tim penilai desa siaga aktif itu dalam rangka melakukan penilaian terhadap program dan inovatif desa siaga aktif yang sudah dilaksanakan Desa Kedungjambangan. Mereka langsung disambut Forkopimcam Bangilan, UPTD Puskesmas, Kepala Desa beserta perangkatnya, dan Bidan desa yang didampingi kadernya.

"Dengan adanya lomba desa siaga aktif ini, banyak manfaat yang bisa kita petik," tutur Kepala Desa Kedungjambangan Maftuh, saat ditemui blokTuban.com, usai menyambut tim penilai.

Pihaknya menilai, desa akan mendapat banyak pelajaran dalam mengikuti lomba ini, khususnya di bidang kesehatan dan penanggulangan bencana. Sebab, desa siaga aktif merupakan desa yang diharapkan mampu siaga untuk mewujudkan masyarakatnya agar bisa saling menolong.

"Lomba ini menurut kami bisa menjadi hikmah untuk meningkatkan penanganan kebutuhan dasar desa," papar Kepala Desa dua periode itu.

Sementara itu, Camat Bangilan, Moh Maftuchin Riza menambahkan, Desa Kedungjambangan merupakan desa satu-satunya di wilayah kecamatan Bangilan yang mengikuti lomba desa siaga aktif. Pihaknya berharap, desa ini menjadi rujukan desa lain untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar desa, yaitu di ranah kesehatan.

"Semoga Kedungjambangan sukses dan layak menjadi juara Desa siaga aktif dari usaha yang sudah dilakukan," tukas Camat muda itu.

Diketahui, bahwa desa siaga aktif merupakan desa yang diharapkan mampu siaga untuk mewujudkan masyarakatnya agar bisa saling menolong. Apalagi, desa siaga merupakan upaya penanganan kesehatan berbasis masyarakat yang intinya pemberdayaan masyarakat desa. [rof/ito]