Xenia Tabrak Truk, Satu Orang Tewas

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Mobil jenis Daihatsu Xenia dan Truck Tandum bertabrakan di jalur Pantai Utara (Pantura) Tuban, sekitar pukul 22.30 WIB, Sabtu (7/10/2017) malam tadi. Lokasi kejadian berada di Jalan Tuban - Widang Km 23 - 24 Dusun Temangkar, Desa/Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Akibatnya satu orang tewas dan kendaraan rusak parah.

Kanit Laka Satlantas Polres Tuban, IPTU Nungki Sambodo menjelaskan, mobil Daihatsu Xenia dengan plat nomor M-1258-NC membawa satu orang penumpang bernama RB Bani Rahman Hakim (22) yang dikemudikan Abd. Rokib (42) dari arah Tuban (utara) ke Babat (selatan). 

Sang sopir asal Jl. Manggis No.16 Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura itu diduga lelah dan mengantuk saat membawa mobilnya, lalu menabrak truk dengan sarat muatan garam. Abd. Rokib mengalami luka-luka dan penumpang yang berasal dari Jl. Letnan Ramli Gg. V No.18-A Kecamatan, Kepanjin Kota Sumenep, tewas seketika.

"Penumpang Xenia yang duduk didepan disamping kiri pengemudi meninggal dunia di lokasi kejadian," kata Nungki, sapaan karibnya, kepada blokTuban.com.

Kronologi kecelakaan maut itu menurut Nungki, bermula saat mobil Xenia warna putih itu melaju dengan kecepatan 60 - 70 km/jam. Mendekati lokasi kejadian, mobil berjalan terlalu ke kanan. Sopir gagal mengendalikan mobil.

"Pada saat mengemudikan kendaraannya, Rokib kehilangan konsentrasi yang dipengaruhi lelah dan mengantuk. Tanpa disadari kendaraan berjalan ke kanan dan menabrak truck tandum nopol L-8094-UE yang dikemudikan Sutarsipin (36)," ulas Nungki panjang lebar.

Sutarsipin diketahui beralamatkan di Desa Dorokandang, RT.11/RW.04 Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Dirinya sudah berupaya melakukan pengereman dan menghindar, namun tidak berhasil dan terjadilah tabrakan tersebut.

"Selain satu orang tewas, kecelakaan maut itu mengakibatkan kerugian material sekitar Rp 50 juta," pungkas Nungki. [rof/col