Lazisnu Inisiasi Kemandirian Umat Melalui Gerakan Koin Untuk Umat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Siang ini, Minggu (8/10/2017) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Tuban menginisiasi kemandirian umat melalui "Gerakan Koin Untuk Umat" dengan berbagi atau santunan yatim piatu.

Melalui gerakan tersebut, Lazisnu mengajak masyarakat secara luas untuk mendermakan sebagian hartanya bagi kemaslahatan umat. Kegiatan ini juga dikalim sebagai amanat organisasi NU untuk kebangkitan NKRI.

"Lazisnu ingin gerakan ini mampu mengembalikan semangat kemandirian NU, yang tujuannya mengelola dana warga Nahdliyyin," kata ketua Lazisnu Tuban, Muhtarom kepada blokTuban.com, usai santunan yatim di Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel bersama Fatayat NU, Minggu (8/10/2017).

Dijelaskan Tarom, sapaan karibnya, sudah saatnya warga NU mandiri mengelola dana umat. Sebagai realisasi dari gerakan ini, Lazisnu bergerak masif guna menyosialisasikan program unggulan, laporan penyaluran, dan ajakan untuk zakat, infaq, dan sedekah, melalui Lazisnu.

"Donasi yang diamanahkan kepada Lazisnu selama ini disalurkan kepada mereka yang berhak. Beberapa program di antaranya, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Tanggap Bencana," ulasnya panjang lebar. [rof/ito]