Juli, April dan Januari Terbanyak Digelar Pernikahan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selama tahun 2017, mulai dari bulan Januari sampai Juli, di Kabupaten Tuban terdapat 3 bulan yang memiliki angka pernikahan tertinggi.

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menyebutkan, ketiga bulan tersebut adalah bulan Juli dengan angka pernikahan mencapai 1.120 pasangan, bulan April dengan 1.006 pasangan dan bulan Januari dengan 905 pasangan.

"Selama tahun 2017 angka pernikahan tertinggi berada dibulan Juli, dengan jumlah 1.120 pasangan," ungkap Staf Kasi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Tuban, Abu Naib kepada blokTuban.com, Senin (4/9/2017).

Ia menambahkan, angka pernikahan tersebut tinggi terjadi di bulan-bulan tertentu, dikarenakan masyarakat Kabupaten Tuban mempunyai keyakinan pernikahan di bulan-bulan jawa yang dianggap baik.

"Masyarakat jawa punya keyakinan di bulan-bulan tertentu untuk menikahkan anaknya, seperti contoh bulan Sawal, dan Rojab," ujarnya.

Menurutnya, selama tahun 2017 ini, pernikahan di Kabupaten Tuban didominasi usia antara 21 keatas untuk laki-laki dan 16 keatas untuk perempuan. [hud/rom]