Peringati Kemerdekaan, Pemuda Donganti Bersihkan Makam

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72, Komunitas Pemuda Dusun Donganti (Komando), Desa Plandirejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Bojonegoro melakukan kegiatan bersih-bersih makam dusun setempat, Sabtu (19/8/2017).

Kegiatan bersih makam yang melibatkan pemuda dan seluruh lapisan masyarakat tersebut, merupakan bentuk penghormatan kepada orang-orang yang lebih dulu menghadap Yang Maha Esa.

"Kegiatan kita awali dengan hajatan/slametan untuk mendoakan para pejuang yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan RI. Dilanjut dengan bersih-bersih makam dan kirim doa sebagai penghormatan kepada orang-orang yang sudah meninggal," jelas Enal, pemuda setempat.

Guna mempererat tali silaturrahmi, kelompok pemuda yang juga dikenal dengan sebutan Komando tersebut rencananya akan menggelar pentas seni musik dangdut yang disi oleh musisi lokal. "Karena sekarang ini wujud menghormati kemerdekaan menurut kita adalah dengan mendengungkan dan merawat tali silaturahmi, maka kita hadirkan orkes Dangdut," tambahnya. [feb/rom]