Polsek Rengel Gandeng FK- PETA Adakan Lomba Perahu Hias

Reporter: Anang Febri

blokTuban.com - Semarak perayaan Hari Kemerdekaan memang identik dengan lomba dan aneka macam jenis kegiatan lingkungan, seperti pawai budaya, sedekah bumi, maupun festival-festival menarik lain.

Terkait lomba dan festival tadi, pemandangan unik terlihat di bantaran  Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Dusun Tawangsari, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel yang menyajikan perlombaaan perahu hias. Perlombaan diadakan oleh Kepoliaian Sektor (Polsek) Rengel dan Forum Komunikasi Pemuda Tawangsari (FK- Peta) tersebut diikuti oleh semua penambang pasir yang ada di desa tersebut.

“Pada momentum kali ini, kami mencoba merangkul semua penambang pasir yang sebelumnya sempat terjadi gesekan antar penambang pasir untuk membuat suatu kegiatan yaitu lomba hias perahu tambang," tutur Kapolsek Rengel, AKP Musa Bachtiar yang hadir di tengah acara.

Dilihat dari banyaknya peserta, penambang pasir yang sehari-hari bekerja untuk mengolah pasir dari bengawan tersebut rupanya sangat antusias dalam lomba yang sekaligus kali pertama diadakan di Kabupaten Tuban itu 

Gatot, selaku panitia lomba mengatakan bahwa lomba ini diikuti oleh 20 perahu yang dihias semeriah dan semenarik mungkin, “ peserta dari lomba ini ada 20 kapal yang semua anggotanya merupakan penambang pasir desa ini," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (13/8/2017)

Perahu yang sudah dihias akan menyusuri aliran bengawan setempat hingga bengawan  Dusun Jetis dan kembali lagi ke Dusun Tawangsari lagi.

“Dari perahu-perahu yang dilombakan, akan dinilai dari segi kreasi, kekompakkan dan keselarasan tema”, tambahnya.

Mujahidin, selaku ketua pelaksana lomba berencana untuk menyelenggarakan kegiatan semacam ini tahun depan. “Melihat antusias warga, ditambah lagi partisipasi pemuda yang ikut andil, nanti tahun depan akan diadakan lagi lebih meriah. Kalu bisa se-kecamatan atau pun tingkat kabupaten,” pungkasnya seusai arak-arakan lomba. [feb/col]