Hasil Tangkapan Ikan Meningkat, Harga Jual di TPI Bagus

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bulan-bulan ini hasil penangkapan ikan laut, oleh para nelayan di kawasan Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mulai meningkat. Hal itu diakui oleh pedagang ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palang, Suparto.

Saat ditemui blokTuban.com di TPI Palang, ia mengatakan bahwa musim-musim ini penangkapan ikan yang dilakukan oleh para nelayan mulai mengalami peningkatan. Kondisi itu dipengaruhi oleh cuaca di laut utara Pulau Jawa saat ini bagus.

"Saya kurang tahu peningkatan hasil penangkapan ikan itu berapa persen, namun yang pasti saat ini hasil penangkapan ada peningkatan karena pengaruh cuaca yang bagus," ungkap Separto saat berada di Kantor TPI Palang, Selasa (1/7/2017).

Selain itu, kondisi tersebut juga berpengaruh pada harga ikan di TPI setempat. Menurutnya, harga ikan segar jenis Togek antara Rp16.000-Rp17.000 per kilogram, sedangkan jenis Kuningan harganya antara Rp22.000-Rp26.000 per kilogram.

"Hasil penangkapan ikan segar meningkat, begitu juga dengan harga ikan juga bagus," tandasnya.

Sementara itu, salah satu penjual ikan di TPI Palang, Jumi (58) mengaku untuk harga ikan bulan-bulan ini cukup bagus. "Harga ikan terbilang bagus, meskipun lumayan mahal sedikit," pungkas Jumi.[hud/col]