Bupati: Penyebab Tingginya Kemiskinan, Salah Satunya SDM

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda mengatakan, salah satu faktor penyebab semakin tingginya angka kemiskinan di Kabupaten yang dipimpinnya, adalah tingkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Bupati, tingkat SDM masyarakat sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan perekonomian. Kalau tingkat SDM-nya tinggi tentu bisa berdaya saing dalam bidang pembangunan ekonomi, namun jika SDM-nya rendah pasti sangat sulit untuk berkompetisi.

"SDM amat sangat berpengaruh terhadap tingkat perekonomian di Tuban," ujarnya kepada wartawan, Rabu (26/7/2017).

Pria yang berlatar belakang pebisnis itu membeberkan, masih banyaknya masyarakat yang tidak bisa baca tulis juga berpengaruh terhadap Indeks Perkembangan Manusia (IPM). Sejauh ini, IPM masyarakat Tuban rangking 27 dari 38 Kabupaten atau Kota Se jawa timur, sehingga wajar jika perekonomian di Bumi Wali ini semakin meningkat.

"Kalau SDM-nya rendah, diajak maju susah, ya pasti akan berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan, kita harus perbaiki kualitas SDM agar bisa berkompetisi meningkatkan taraf hidup," jelasnya.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur, tentang kondisi perekonomian 2016, Kabupaten Tuban mendapat angka urut 23 dari 38 Kabupaten atau Kota termiskin se-Jawa Timur.

Jika pada tahun 2015 jumlah penduduk miskin sebanyak 196,59 ribu di tahun 2016 jumlah penduduk miskin menjadi 198,35 ribu. Dengan data penduduk miskin tersebut, maka persentase angka meningkat dari tahun 2015 yang hanya 17.08 persen menjadi 17.14 persen di tahun 2016.

Jumlah penduduk di Kabupaten Tuban sendiri berdasarkan data di halaman website BPS Kabupaten Tuban adalah sebanyak 1.315.155 jiwa. [nok/rom]