Lebaran, Tempat Wisata Jadi Prioritas Pengamanan Polisi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sumber mata air di kawasan hutan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur sungguh melimpah. Daerah yang di atasnya terdapat pegunungan kapur turut menambah eksotika Bumi Wali, sebutan kota Tuban.

Tidak hanya sumber mata air dingin, di wilayah Tuban selatan juga sangat banyak sumber air hangat yang bermunculan. Mulai dari Kecamatan Parengan yang berada di ujung timur hingga Kecamatan Kenduruan yang berada di ujung barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sumber mata air 'Nganget' misalnya, sebuah destinasi wisata yang terletak di petak 33 A RPH Kejuron, BKPH Bangilan. Sumber air yang hangat itu secara administratif pemerintahan masuk dalam Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban.

"Di satu lokasi nganget terdapat tiga kolam, yaitu nganget Wedok, Bilasan, dan Nganget Lanang," Jelas Hariyanto, petugas di lokasi wisata.

Untuk itu, tempat ini bisa dijadikan tempat tujuan mengisi waktu libur cuti lebaran. Sebab, pihak keamanan setempat dari Polsek Kenduruan tengah menyiapkan prioritas pengaman di obyek keramaian ini.

"Tentu sambil pantau mudik-balik, pengamanan di lokasi nganget juga jadi prioritas," ujar Kapolsek Kenduruan, AKP. Subagyo ketika dikonfirmasi wartawan blokTuban.com.

Pihaknya mengaku, saat ramai pengunjung yang datang untuk berlibur seperti saat ini, personel akan selalu siap di lokasi. Mereka akan siaga hingga pengunjung dinilai sepi.

"Hal seperti ini sudah kita lakukan, biasanya pada malam Jum'at yang ramai pengunjung. Jika sudah sepi kembali ke Mako, sebab petugas menyesuaikan situasi," pungkasnya. [rof/rom]