Buah Sawo, Suguhan Khas Lebaran Warga Kedungjambangan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Sawo, salah satu buah yang banyak tumbuh di Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Buah yang memiliki rasa manis dan banyak khasiat ini menjadi suguhan lebaran di wilayah tersebut.

Warga setempat, Saminah (43), saat ditemui blokTuban.com mengatakan, sudah bertahun-tahun buah sawo jadi primadona suguhan saat lebaran. Dapat dipastikan buah tersebut paling laku disantap kerabat yang datang ketika bersilaturrahmi.

“Setiap lebaran buah sawo memang jadi suguhan pilhan,” ujar ibu tiga anak itu saat ditemui di kediamannya.

Wanita yang memiliki dua pohon sawo di halaman rumahnya tersebut menjelaskan, sebelum lebaran dirinya sudah melakukan pemetikan buah sawo, agar bisa matang ketika lebaran seperti saat ini ia harus memeram (mematangkan) dengan menggunakan pembungkus kedap udara untuk menghasilkan buah manis nan legit.

“H-2 puasa sudah mulai dibungkus pakai kertas dan plastik bekas, agar matang dan bisa dihidangkan saat hari kemenangan (lebaran),” tandasnya.

Hal serupa juga ditemui di rumah warga lain, Maria Ulfah (50). Sejak ia berumah tangga, buah sawo selalu jadi prioritas yang disuguhkan saat lebaran. Sebab, kebanyakan warga setempat mempunyai pohon sawo.

“Selain dijual, sawo juga jadi pilihan jajanan lebaran,” ungkap wanita yang juga menjabat sebagai ketua BPD Kedungjambangan.

Sebelum lebaran, tutur ibu dua anak itu, petani sawo ramai-ramai memanen pohon yang ada di kebun maupun pekarangan mereka. Sebab, kebetulan puasa dan lebaran tahun ini jatuh pada musim kemarau.

“Setiap kemarau sawo itu buahnya melimpah, jadi selain dijual warga sini biasa menyediakan untuk jajan lebaran,” pungkasnya menandaskan. [rof/rom]