Hal Menarik yang Ada di Klenteng Kwan Sing Bio

 

 

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Libur panjang selama lebaran kurang afdhol rasanya tiak mengunjungi sejumlah tempat wisata atau meski sekadar singgah sejenak. Salah satu tempat apik yang dapat di kunjungi saat liburan adalah Klenteng Kwan Sing Bio. 

Melancong ke Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) ini memiliki koleksi menarik yakni Patung Kongco Kwan Sing Tee Koe atau Kongco Kwan Kong. Patung dengan tinggi 30 meter lebih yang berdiri di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban diklaim patung tertinggi  lingkungan klenteng di Indonesia. Selain itu nominal terbilang fantastis, yakni lebih dari Rp1,5 miliar untuk pengerjaan.

Ketua Umum TITD Kwan Sing Bio, Gunawan Putra Wirawan membenarkan hal tersebut. Sejak diresmikan secara simbolis 26 Desember 2016 lalu. Patung ini digadang akan tercatat sebagai patung tertinggi bahkan di lingkungan kelenteng di Asia Tenggara. Sementara ini, patung tertinggi di lingkungan klenteng masih dipegang patung Dewi Kwan Im di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

"Akan masuk rekor muri tanggal 24 bulan 6 Imlek atau tanggal 17Juli 2017," kata Gunawan membeberkan hal menarik lainnya soal patung ini.

Keberadaan patung yang pengerjaanya kelar akhir 2016 lalu menjadi salah satu daya tarik bagi sejumlah masyarakat yang datang sekedar untuk melancong. Kawasan klenteng cukup ramah sebab dibuka untuk masyarakat dari latar belakang agama ataupun ras lain.

Patung Kongco, kerap menjadi jujukan baik umat Tri Dharma atau pun masyarakat menjadikannya spot mengambil foto. patung terletak di bagian pojok belakang Klenteng seluas 6,5 hektare menjadi ikon khas Klenteng Kwan Sing Bio. 

Yang mulia Kongco sendiri diyakini umat Tridharma sebagai panglima perang. Semasa menjabat panglima perang, ia  merupakan sosok adil dan bijaksana dan dengan dibangunnya patung September 2015 lalu menjadi bentuk kebaktian umat. [dwi/col]