Peserta Rukyat Mulai Berdatangan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban akan menurunkan sejumlah pemantau hilal 1 Ramadan 1438 H di bukit Banyuurip, Kecamatan Senori, Tuban sore ini, Jum'at (26/5/2017).

Kegiatan yang digelar di Mess pegawai Kerjasama Operasional (KSO) Pertamina EP- PT Geo Cepu Indonesia (GCI) Distrik 1 Kawengan di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, rencananya akan diikuti beberapa jajaran Kemenag Tuban, stakeholder Kecamatan Senori dan juga segenap jajaran MUI Kabupaten setempat.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, beberapa peserta rukyatul hilal mulai berdatangan usai Shalat Ashar. Sementara cuaca sedikit mendung, karena habis hujan.

Hadi Sarjono, ketua panitia Rukyatul Hilal mengatakan, mengundang 145 undangan termasuk Forkompimda Kabupaten Tuban. Hasil perhitungan BHR Tuban, untuk menentukan 1 Ramadan telah melakukan perhitungan 23 sistem perhitungan.

Diberitakan sebelumnya, sesuai edaran surat nomor B-1293/Kk.13.17.7/Hk.03.2.5/2017, Kemenag Tuban dijadwalkan rukyatul hilal pada hari Jum'at (26/5/2017) sekitar pukul 16.00 WIB hingga selesai.

Puluhan tahun sebelumnya, rukyatul hilal awal maupun akhir puasa dilakukan di pelabuhan Semen Gresik KSO Semen Indonesia di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu. Lantaran tertutup kapal batu bara semen, akhirnya pindah lokasi di puncak Banyuurip yang dianggap strategis.

"Sementara tamu undangan lain, termasuk Forkompimda masih berada di perjalanan," pungkasnya. [rof/rom]