Malam Ini, Agus Sunyoto Dijadwalkan Hadiri Ngaji Budaya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Malam ini, Minggu (21/5/2017),  KH. Ng. Agus Sunyoto dijadwalkan hadir di tengah-tengah seniman dan budayawan Bumi Wali, sebutan Kota Tuban. Penulis Atlas Walisongo itu akan mengisi Ngaji Budaya yang dihelat Lembaga Seni dan Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di halaman Kantor NU di Jalan Diponegoro No.17, Latsari, Tuban.

"Insya Allah nanti malam Romo Guru (KH. Ng. Agus Sunyoto) berangkat dari rumahnya yan ada di Kota Malang," ujar Ketua Umum Lesbumi PCNU Tuban, Moh Zainuddin kepada blokTuban.com, Minggu (21/5/2017).

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com, Agus Sunyoto adalah sosok yang dengan berani merekonstruksi ulang sejarah para wali dan Islam di Nusantara dengan karyanya buku Atlas Wali Songo. Dalam bukunya itu, beliau menggambarkan Islam yang bercirikan inklusifitas, kesantunan, empati, toleransi, pluralitas, nilai etis, estetis, dan gerak dinamis yang ditandai semangat menjadikan Islam rahmatan lil alamiin.

"Beliau kita hadirkan dengan tujuan membumikan seni trdisi di Bumi Wali sekaligus untuk memperingati Harlah NU yang ke 94," imbuh ketua penyelenggara, Al-Karnoto.

Menurutnya, Ngaji Budaya yang akan dihelat usai salat Isya' itu akan ditampilkan beberapa kesenian tradisional yang membudaya dan khas di kehidupan warga Tuban. Di antaranya Rodat, Tongklek, Pencak, Puisi dan kesenian tradisi lainnya yang bernilai islami. [rof/lis]