Lesbumi NU Tuban Inisiasi Pembentukan Paguyuban Seni Tongklek

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ketua Umum Lesbumi NU Tuban, Moh Zainuddin menggagas forum pertemuan ketua grup tongklek yang ada di Kabupaten Tuban, Minggu (21/5/2017). Pertemuan itu sebagai silaturahmi serta membahas setrategi pembangunan Tuban melalui seni tradisional tongklek.

Menurut pria yang kerap disapa Jay itu menyampaikan, selama ini musik tongklek menjamur di Bumi Wali sebagai kesenian khas daerah. Namun, keberadaannya belum terorgansir. Untuk itu melalui Paguyuban Seni Tongklek (PST) Tuban bisa lebih rapi dan terarah.

"Dengan adanya PST sebagai wadah yang menjadi rumah bersama, tongklek Tuban lebih tertata rapi dan ikut membangun Bumi Wali," ujar Jay, usai memimpin rapat di Kantor NU Tuban, Minggu (21/5/2017).

Ditambahkan Jay, pertemuan sore itu dapat menjadi forum diaspora seniman tongklek Tuban. Pembahasan dalam pertemuan perdana tersebut, membahas seni dan budaya tongklek serta kemajuannya ke depan.

"Agar lebih konkrit, tentunya juga perlu ditentukan ketua paguyuban dan anggotanya. Alhasil semua telah sepakat Tahar sebagai ketua terpilih PST Tuban," imbuhnya lagi.

Sedangkan ketua terpilih Tahar, saat ditemui blokTuban.com mengaku akan menjalankan tata organisasi dengan mensinkronkan program-program yang di canangkan Dewan Kesenian Tuban maupun Pemerintah Daerah Tuban.

Ia khawatir terjadinya pergeseran budaya tongklek di masyarakat, tidak dari sisi seni saja namun perubahan karakter. Untuk itu ia berharap untuk semua grup yang belum tergabung dalm PST Tuban untuk segera merapat.

"Kami mrngajak untuk semua grup tongklek melangkah bersatu untuk kemajuan seni tradisi melalui PST Tuban," pungkasnya. [rof/ito]