BPBD Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, menggelar apel pelatihan penanggulangan bencana, bertempat di Mangrove, Jenu, Selasa, 23 Mei 2017.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat seratus relawan dari berbagai elemen masyarakat di 30 Desa Tangguh Bencana, dan beberapa komunitas di Kabupaten Tuban yang ikut sebagai peserta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan, kegiatan ini adalah upaya tanggap bencana dengan memberikan pelatihan kepada para peserta yang akan menjadi relawan.

Dari peserta yang ikut, nantinya akan digembleng dengan materi-materi penanggulangan bencana. Diantaranya, Water Rescue (SAR Air), Vertical Rescue (Teknik Evakuasi di ketinggian), dan Pemadam kebakaran.

"Kita gembleng nantinya seluruh relawan, ada pelatihnya langsung dari Basarnas Surabaya. Relawan harus siap setiap saat apabila bencana terjadi sewaktu," ujarnya kepada blokTuban.com

Mantan Camat Widang itu menambahkan, kegiatan pelatihan ini dilakukan selama tiga hari, mulai pembukaan hingga penutupan yang akan dilaksanakan besok.

"Sudah mulai sejak Senin kemarin, hari ini upacara pembukaannya, besok kegiatannya selesai," pungkasnya.[nok/ito]