Abdikan Diri, Menwa 804 UNESA Gelar Karya Bakti

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Bertempat di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Resimen Mahasiswa (Menwa) 804 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar karya bakti, Senin (22/5/2017).

Kegiatan yang sudah dimulai sejak Minggu, (21/5/2017) itu dengan mengambil tema 'Meningkatkan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Serta Melestarikan Budaya Tradisional Melalui Pengabdian Mahasiswa UNESA'. Karya bakti Menwa 804 UNESA dijadwalkan berlangsung selama lima hari untuk mengabdi di tengah-tengah masyarakat setempat.

Menurut Anas Satria, Koordinator Karya Bakti Menwa 804 UNESA di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, maksud dan tujuan kegiatan tersebut sangat positif. Kegiatan ini adalah bentuk kontribusi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu poin nomor ketiga, Pengabdian kepada Masyarakat.

"Tujuannya untuk membentuk karakter disiplin bagi anggota Menwa sekaligus mengabdikan diri untuk bangsa dan negara," ucap Komandan Menwa 804 itu saat dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (22/5/2017).

Lanjut dia, berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan akan dilakukan dengan menggandeng Koramil Singgahan, Polsek Singgahan, Puskesmas Singgahan, dan jajaran Pemerintah Desa Tanjungrejo. Dijelaskan mahasiswa berdarah Ronggolawe itu, kegiatan yang terjadwal di antaranya, pemahaman bahaya Narkoba, wawasan kebangsaan, dan pengobatan gratis serta pendidikan di sekolah.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) setempat, Slamet Setyo Budi menyatakan kegiatan semacam ini merupakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Tanjungrejo. Sebab, dengan adanya pembelajaran-pembelajaran secara langsung dengan insan akademisi itu, tentu akan mengena di hati khalayak.

"Dengan kedatangan adik-adik mahasiswa ini, sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya penggalian potensi desa," tutur Kades.

Lanjutnya, karya bakti semacam ini juga menjadi ajang komunikasi anatara perguruan tinggi dengan masyarakat bawah, khususnya warga Tanjungrejo. Harapannya, semoga ilmu yang didarmakan Satmenwa 804 bermanfaat bagi warga, untuk kemajuan desa. [rof/col]