Nelayan Karangsari Menggelar Kirab Sedekah Laut

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Nelayan Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban menggelar sedekah laut, di perairan laut setempat, Rabu (3/5/2017).

Puluhan perahu tradisional milik nelayan setempat melakukan pawai arak-arakan menuju tengah laut, sambil membawa miniatur perahu sebagai syarat simbolis sedekah laut.

Perahu miniatur tersebut dilepas oleh perwakilan nelayan, dengan disaksikan ratusan nelayan lain yang ikut menghantarkan.

Menurut nelayan setempat, Anto mengatakan, bahwa tradisi sedekah laut ini dilakukan setiap tahunnya, sebagai bentuk rasa syukur atas segala pemberian dari sang pencipta.

Nelayan percaya, bahwa dengan sedekah laut bisa memberi keberkahan bagi nelayan, serta melancarkan Rizki.

"Ini sudah dilakukan sejak lama dan merupakan tradisi bagi nelayan, insyaAllah berkah kita dapat semua," ujarnya kepada blokTuban.com.

Nelayan lain, Mukadi juga mengatakan hal senada. Bahwa sedekah laut merupakan kepercayaan nelayan Karangsari atas kuasa Allah. Dia menyatakan, bahwa apa yang didapat nelayan selama ini perlu disyukuri, dan ini adalah salah satu bentuk rasa syukur.

"Kita berterima kasih atas apa yang diberikan sang pencipta selama ini, semoga apa yang dilakukan nelayan menjadi berkah kedepannya," pungkasnya. [nok/rom]