Faktor Cuaca, Pohon Jeruk Milik Petani Tidak Mampu Berbuah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dipengaruhi karena faktor cuaca yang kurang mendukung, ratusan pohon Jeruk jenis Keprok, Semarang yang ditanam oleh petani di Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban tidak mampu berbuah.

Salah satunya puluhan pohon jeruk milik Kastrum (65). Ia mengatakan pohon yang telah berusia sekitar tiga tahun ini sudah waktunya berbuah dan justru malah hampir panen.

Namun, karena faktor cuaca pada musim ini, yang masih terus hujan dan kurangnya panas tersebut mengakibatkan puluhan pohon tidak mampu berbuah.

"Dari sekitar 60 pohon, musim ini hanya satu dua pohon yang berbuah, itupun tidak maksimal," kata Kastrum yang juga petani jagung, Minggu (30/4/2017).

Kastrum menambahkan, pohon-pohon jeruk ini seharusnya sudah mulai berbuah untuk yang pertama kalinya, dilihat dari umur serta satu dua pohon yang kedapatan sudah berbuah.

Petani lain yang juga menanam pohon jeruk Riduwan, ia mengatakan kemungkinan karena dipengaruhi oleh cuaca, pasalnya, untuk perawatan beberapa bulan sekali petani melakukan penyemprotan.

"Musimini, belum ada yang berbuah namun semestinya bulan-bulan ini sudah panen," tandasnya.[hud/ito]