Jalan Mulus Hingga Pelosok Tuban

Jalan rusak berbatu cukup akrab bagi warga Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Namun itu dulu. Lantas dengan adanya program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), sejak Rabu (5/4/2017), masuk di desa setempat. Kini jalan mulus beraspal dapat dirasakan warga pelosok Tuban ini.

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bertahun-tahun warga Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban tidak dapat menikmati jalan beraspal. Jalan poros desa yang mulus yang selama ini didamkan telah terealisasi.

Kepala Desa Sumurjalak, Indra Prasetyowati mengatakan, perbaikan jalan ini menjadi harapan warga untuk menjalankan perekonomian masyarakat. Akses jalan mulus sudah barang pasti memberikan dampak di bidang ekonomi.

“Perbaikan jalan ini akan mendongkrak perekonomian masyarakat kian meningkat. Termasuk, aktivitas pendidikan, kesehatan dan kegiatan yang lainnya pun ikut lancar,” kata lulusan magister sosial tersebut.

Setelah jalan desa ini diperbaiki, ia berharap, warga juga bisa ikut menjaga jalan desa yang sudah kembali mulus. Hal ini dapat terwujud dengan adanya program pembangunan infrastruktur yang diusung Satgas TMMD Ke-98 Kodim 0811/ Tuban.

Sementara itu, apresiasi datang dari masyarakat setempat. Salah satunya Hasim, ia mengaku senang program TMMD melakukan perbaikan di jalan temapt tinggalnya. Kondisi jalan rusak telah lama dikeluhkannya dan warga lain.

"kondisinya (jalan poros desa) rusak parah, sehingga sulit untuk dilewati kendaraan, baik roda dua maupun empat," tambahnya.

Jalan berbatu yang menurut warga seakan merasa terisolir akibat kondisi yang tidak layak. Ia mengenang, dulu saat hendak ke pasar tidak ada pilihan selain jalan kaki. Bahkan anak-anaknya yang akan berangkat ke sekolah pun harus jalan kaki, karena jalan tidak bisa dilewati kendaraan apapun, kecuali telapak kaki.

"Tapi sekarang tidak lagi, Jangankan roda dua, roda empat sekarang bisa. Kami bersyukur dengan kondisi infrastruktur desa saat ini, semua sudah mulus,” ujar Hasim.

Perlu diketahui, TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Polri, Pemerintah pusat hingga daerah dan lembaga pemerintah non departemen. Program TMMD ke-98 Kodim 0811/Tuban yang dilaksanakan di Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Tuban terdiri dari sasaran fisik dan non fisik, beberapa diantaranya pembuatan sanitasi mandi cuci kakus (MCK) umum bagi warga setempat, dan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba serta lainnya. [dwi/rom]

tmmd-1

tmmd-2