Jelang Puasa Harga Daging di Tuban Stabil

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Harga daging ayam potong maupun daging sapi di pasar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, di Kecamatan Jatirogo tetap stabil menjelang bulan puasa tahun 2017. Terpenuhinya kebutuhan konsumen, karena stok melimpah dan nyaris tidak ada gejolak di pasaran.

"Harga daging ayam cukup stabil, sebab stoknya masih cukup," ujar penjual daging ayam potong, Fatkhur Roziq (29) saat ditemui blokTuban.com di lapaknya, Jum'at (21/4/2017).

Menurut dia, harga daging ayam potong akan mengalami kenaikan, dua minggu menjelang puasa Ramadan. Sebab, sebagian besar warga setempat menggelar hajatan menyambut bulan puasa dengan istilah mapak atau megengan.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, saat ini harga daging ayam potong dibandrol dengan harga Rp27.000 per kilogram. Sejak tiga tahun terakhir, ditambahkan Roziq begitu ia disapa, harga daging ayam menjelang bulan puasa naik menjadi Rp32.000 per kilogram.

"Biasanya kalau musim megengan gitu, harga naik kisaran Rp5.000 per kilogram," terang Roziq.

Di kios berbeda, penjual daging sapi, Yasri melontarkan hal yang senada. Hingga satu bulan menjelang bulan suci, harga daging sapi tidak ada kenaikan.

Yasri menjelaskan, harga daging sapi saat ini masih seperti biasanya. Ia mengaku, jenis daging sapi yang ia jajakan ada tiga macam. Daging super dibandrol per kilogram Rp100 ribu, nomer dua Rp90 ribu dan rawonan Rp80 ribu.

"Harga daging sapi mengalami kenaikan biasanya menjelang lebaran, dengan kisaran harg Rp10 ribu per kilogram," tukasnya.[rof/ito]