Diskoperindag: Beras dan Elpiji Harus Aman Saat Puasa

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com – Kebutuhan pokok seperti beras harus dipastikan aman saat memasuki bulan suci Ramadhan. Selain beras, tak kalah pentingnya adalah ketersediaan tabung gas elpiji guna keperluan memasak.

Pasalnya, dua kebutuhan bahan dan barang pokok tersebut kerap terjadi kelangkaan saat menjelang bulan puasa. Dinas terkait harus menyiapkan langkah dan strategi, agar masyarakat tidak perlu was-was saat menjalani ibadah puasa.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tuban, Bismo S. Aji mengatakan, pihaknya saat ini terus memantau perkembangan keberadaan barang kebutuhan pokok tersebut, agar tidak membuat masyarakat gelisah saat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

“Stok beras dan elpiji terus kita pantau mulai sekarang,” ujar Bismo kepada blokTuban.com, Selasa (18/4/2017).

Selama pemantauan dari sekarang, Bismo menyebut, baik stok beras dan juga tabung gas elpiji masih tergolong aman dan bisa mencukupi selama ibadah puasa berlangsung.

Pihak Dinas juga telah melakukan koordinasi dengan lembaga atau badan yang membidangi masing-masing kebutuhan pokok itu. Seperti Bulog dalam hal ini kaitannya dengan beras, dan juga Pertamina dalam hal ini kaitan dengan Tabung Gas Elpiji.

“Sudah kita lakukan koordinas dengan dua badan tersebut, kaitannya dengan stok selama bulan ramadhan tentunya. Insyaallah tidak ada masalah, kita lihat saja perkembangannya,” pungkasnya. [nok/rom]