Camat Desak Kades Baru Selesaikan RPJMDes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Camat Jatirogo meminta tiga kepala desa (Kades) di wilayah kerjanya yang baru dilantik bulan Desember tahun lalu, segera menyelesaikan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

"Kami beri estimasi waktu hingga, akhir April sehingga awal Mei tiga Kades yang baru menjabat itu RPJMDes nya tersusun," jelas Camat Jatirogo, Moh Nawawi ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Jum'at (21/4/2017) di kantornya.

Mantan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Tuban itu menambahkan, pihaknya sudah menanyakan terakhir kalinya ketika Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) beberapa waktu lalu. Untuk segera terselesaikan, pihaknya mengaku bekerja sama dengan Pendamping Desa dan tim dari kecamatan.

"Pendamping desa bersama tim dari kecamatan berusaha keras memberi pembinaan agar RPJMDes cepat terselesaikan," imbuhnya.

Untuk diketahui, Penyusunan RPJMDes penting karena dokumen tersebut memuat program kegiatan desa selama enam tahun. Selain itu, kepala desa juga dituntut untuk menentukan jumlah anggaran desa ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2017.

Dengan koordinasi bersama Kades dan pendamping desa, kata Camat, sekaligus untuk merumuskan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pihaknya berharap di tahun 2017 pemerintahan seluruh desa di Kecamatan Jatirogo lebih bagus baik mencakup perencanaan, administrasi, pelaksanaan, dan pelaporan.

"Harapannya tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, pada Selasa (27/12/2016) di pendopo Krida Manunggal di Jalan Verteran, Tuban, sebanyak 36 Kades terpilih dalam Pilkades serentak 2016 resmi dilantik Bupati Tuban, Fathul Huda. Tiga diantaranya Kades baru berasal dari Kecamatan Jatirogo, yakni Kades Paseyan, Suparwi, Kades Wotsogo, Waras, dan Kades Wangi, Kastutik. [rof/ito]