Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sebanyak 120 Narapidana Lembaga Permasyarakatan (Lapas) IIB Tuban, melakukan Khatmil Quran, Kamis, 20 April 2017.

Bertempat di Masjid Lapas, para Napi secara bersamaan melantunkan ayat-ayat suci Alquran, yang dibalut dengan tema Nusantara Mengaji.

Salah satu Napi, Sueb mengatakan, turut senang dengan kegiatan mengaji yang diselenggarakan oleh Pihak Lapas. Dia menilai, para napi tetap membutuhkan siraman rohani sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Tuhannya.

"Senang tentunya, apalagi mengaji secara bersama dengan Napi lain," ujarnya kepada blokTuban.com

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kalapas, Suntoro mengatakan, kegiatan Khatmil Quran ini adalah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lapas ke 53.

Petugas mengajak Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) untuk mengaji, karena kegiatan tersebut merupakan wujud nyata pihak Lapas dibidang kerohanian.

"Tidak semua Lapas ikut mengaji, hanya 120 Napi yang ikut mengkhatamkan Al-Quran," ujar Suntoro kepada blokTuban.com.

Dia menjelaskan, dari 120 Napi yang ikut khataman tersebut dibagi menjadi empat kelompok, agar mempercepat khataman Quran. Menurut dia, acara seperti ini sangat efektif untuk kegiatan kerohanian.

"Jadi kita terus melakukan pembinaan sikap kepada para napi, termasuk dalam kegiatan keagamaan sekarang," pungkasnya. [nok/rom]