Kegiatan Non Fisik, TMMD Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017 terus berlanjut hingga sekarang. Tahapan pembangunan infrastruktur terus dilakukan oleh anggota TNI dari Kodim 0811 Tuban, di Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang.

Selain pembangunan infrastruktur, kegiatan pembangunan secara non fisik juga terus dilakukan. Seperti melakukan sosialisasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta sosialisasi akan bahaya Narkoba.

Dengan menggandeng anggota Kepolisian Polres Tuban, kegiatan sosialsiasi yang melibatkan warga setempat itu berjalan dengan baik. Aiptu Arni Sutiyono, selaku Kanit Binmas Polres Tuban hadir selaku pemberi materi pada sosialisasi tersebut.

“Masyarakat jangan hanya sekadar menjaga Pos Kamling untuk keamanan saja, tapi juga harus mengetahui bahaya peredaran barang-barang haram lainnya, dalam hal ini adalah Narkoba,” Kata Arni di hadapan warga yang turut ikut sosialisasi, Minggu (16/4/2017).

Kepada warga, Arni sapaan akrabnya menjelaskan bahayanya Narkoba. Dia menyatakan, saat ini barang terlarang itu sudah masuk di sekolah-sekolah dengan menyerang siswa, tujuannya adalah merusak generasi muda. Oleh karena itu, masyarakat harus mengetahui akan bahayanya Narkoba.

“Banyak generasi muda yang meninggal karena narkoba, juga ada yang harus berurusan dengan hukum,” terangnya.

Seorang warga, Aminun (45), peserta sosialisasi mengungkapkan, bahwa dia baru mengetahui akan keberadaan barang berbahaya jenis narkoba tersebut. Selama ini dia mengaku, jika melakukan penjagaan di Pos Kamling hanya fokus kepada ketertiban dan keamanan saja.

“Ini ilmu baru dan tentunya sangat bermanfaat bagi saya dan juga masyarakat Desa Sumurjalak, kita akan waspada terkait peredaran narkoba di desa kami,” ujar Pria berlatar belakang Petani tersebut. [nok/rom]