Tiga Rumah di Dagangan Terancam Longsor

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tiga rumah milik warga Dusun Tanjung, Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban terancam longsor, Jumat (17/3/2017). Pasalnya tanah atau pelataran yang berada di depan ketiga rumah tersebut terus mengalami erosi.

Tak pelak, longsor yang awalnya berjarak beberapa meter itu, kini tinggal berjarak antara tiga sampai lima meter. Sehingga warga khawatir apabila hujan lebat terus mengguyur kawasan tersebut, longsor pun merembet ke rumah mereka.

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, ketiga rumah itu adalah milik Sumaji, Sarjuni dan Darmuji, yang mana ketiganya masih merupakan sanak famili.

Sumaji mengatakan, setiap kali hujan tanah di depan rumahnya terus terkikis dan mengalami longsor hingga sedalam kurang lebih tiga meter. Kondisi itu, apabila tidak segera ditangani, mengancam rumah miliknya karena Tembok Penahan Tanah (TPT) terus ambles.

"Tanah dan rumah warga ini berada lebih atas dibandingkan jalan, jadi apabila TPT dan jalan tersebut tidak kuat, dipastikan longsor akan terus terjadi," kata Sumaji kepada blokTuban.com.

Menurutnya, belasan meter tanah di depan rumahnya itu sudah mengalami longsor, hingga sampai ke jalan yang kedalamanya sekitar 20 meter. Bahkan, di samping itu jalan dan TPT juga ikut ambles.

Terpisah warga lain, Tuminah istri Sarjuni mengaku resah dengan kondisi seperti ini, pasalnya jarak longsor dengan teras rumahnya semakin dekat. Karena itu, ia berharap kepada pihak terkait agar segera melakukan penanganan.

"Apabila tidak segera ditanggani dipastikan ketiga rumah ini ikut longsor," katanya.[hud/col]