Lestarikan Sumber Waduk, Muspika Soko Tanam 3.000 Pohon

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sumber air Ngerong di Desa Gunungayar, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban mendapat perhatian khusus. Pasalnya, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Soko menggalakkan aksi menanam pohon guna menjaga kelestarian sumber daya air, Rabu (25/1/2017).

Tidak kurang 3.000 bibit pohon diantaranya seperti cemara dan glodokan tiang ditancapkan di atas tanah lapang seluas kurang lebih 3 hektar dalam satu kawasan Waduk Ngerong.

"Air merupakan sumber kehidupan dan segala aktivitas membutuhkan air. Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk menjaga harmonisasi alam dengan cara menanam pohon dan menjaga kelestarian alam," kata Camat Soko, Suwito.

Aksi tanam pohon tersebut menjadi satu rangkaian peresmian Waduk Ngerong, melibatkan sejumlah elemen masyarakat dari tingkat pelajar, organisasi masyarakat, perusahaan, Pemerintah Desa Gunungayar, Muspika Soko dan instansi lain yang terkait.

Suwito meyakini, apabila berbuat baik dan bersahabat dengan alam, akan berimbas balik kepada masyarakat setempat. Terlebih air dari Waduk Ngerong hampir 90 persen memenuhi kebutuhan air di Desa Gunungayar.

Aksi serentak kali ini, lanjut Suwito, sebagai langkah awal melakukan inovasi di bidang pariwisata. Harapannya potensi wisata di desa lain di wilayah Kecamatan Soko dapat dikembangkan sedemikian rupa.

"Harapannya kalau potensi desa bisa dikembangkan dengan pariwisata akan menghasilkan pendapatan asli desa dan kedepan bisa mandiri," kata laki-laki mantan Camat Grabagan tersebut. [dwi/rom]

tanam-pohon