Ketika Senjata TNI dan Polri Berganti Alat Kebersihan

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Puluhan aparat dari Polri dan TNI di Kabupaten Tuban mendatangi Klenteng Kwan Sing Bio, di Jalan Re Martadinata, pagi ini Rabu (25/1/2017).

Meski berseragam lengkap, bukan tugas pengamanan yang diemban. Senjata yang biasa dibawapun ditanggalkan buat sementara waktu, diganti dengan sapu dan alat-alat kebersihan.

Segera setelah melakukan apel, mereka membaur, membersihkan sudut-sudut tempat ibadah Tri Dharma tersebut. Pemandangan itu selaras dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan warga keturunan Tionghoa menjelang perayaan Imlek besok.

"Kita melakukan karya bakti, membantu saudara-saudara membersihkan tempat ibadah mereka," jelas Kasat Sabhara Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi, Eko Adi Wibowo di lokasi.

Eko mengatakan, selain membantu klenteng bersolek, kegiatan itu juga wujud kebersamaan antar umat beragama. Dia berharap, perayaan Imlek bisa dilaksanakan dengan damai dan tanpa hambatan.

Komandan Koramil Tuban, Kapten Inf Lasminto, menyebut TNI juga mempunyai tugas mengayomi masyarakat. Salah satu bentuknya dengan terlibat dalam kegiatan-kegiatan masyarakat. "Kami juga punya tugas memberi rasa aman kepada masyarakat," kata Lasminto.

Ada sekitar 50 personil dari Polri dan 19 dari anggota TNI yang terlibat karya bakti. Dalam waktu yang tidak lama, halaman tengah klenteng itu bersih dari rumput-rumput liar yang sempat tumbuh di atas paving.

Wakil Ketua Klenteng Kwan Sing Bio, Liu Pramono, mengatakan sangat terbantu dengan apa yang dilakukan para aparat pagi ini. Dia berharap di tahun depan, kondisi di Tuban dan Indonesia semakin aman dan maju.

"Tahun depan adalah tahun ayam, dimana sifat ayam rajin bekerja dan rajin mencari makanan," terang Liu. [pur/rom]

imlek-tuban-2

imlek-tuban-1