Dinkes: Soal Kalis Silahkan Tanya yang Bersangkutan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban enggan berkomentar terlalu banyak mengenai Kalis (48), warga asal Dusun Tlogosangen RT.05/RW.05 Desa Temandang Kecamatan Merakurak yang mengalami gangguan kejiwaan dan telah dirawat di RSJ Menur Surabaya.

Baca juga [Keluarga Kalis Berencana Menggugat ke Jalur Hukum]

Pria berusia 48 tahun itu dikabarkan meninggal dua bulan lalu, namun keluarga baru mengetahui perihal kematiannya hari Selasa 29 November 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan, berkaitan dengan kasus meninggalnya Kalis, pihaknya tidak mempunyai wewenang, karena yang membawa bukan instansinya.

"Bukan urusan saya, silahkan bisa tanya pada yang berwenang dalam hal ini," ujar Saiful Hadi kepada blokTuban.com, Jumat (2/12/2016).

Alumnus FK Unair itu sedikit mengungkapkan melalui pesan What's app dari Manajer Rumah Sakit Menur, bahwa sebenarnya Kalis sudah membaik dan bisa dibawa pulang untuk rawat jalan.

"Kalis sudah ada perubahan membaik dan sudah bisa dibawa pulang untuk rawat jalan, namun bagaimana, kata Saiful Hadi, ini keluarga tidak mau menjemput. Akhirnya diserahkanlah ke Dinsos selaku penanggung jawab, dengan diskusi panjang karena keluarga tidak mau menerima akhirnya Kalis dititipkan ke panti sosial," ucap Saiful membacakan pesan dari Manajer RS Menur.

Setelah itu pihaknya tidak mengetahui lebih banyak mengenai perkembangan Kalis, hanya dari pesan itu saja yang dapat diketahui.

"Lebih jelasnya mengenai Kalis silahkan tanya pada yang berwenang dan berhak menjawab," pungkasnya. [nok/rom]