Kopertis VII:  Peringkat Unirow Tuban Naik

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Koordinator Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Prof . Dr. Ir. Suprapto, DEA mengatakan. pada 2015, Unirow berada pada peringkat 301 dari 330 perguruan tinggi di kopertis wilayah VII Jawa Timur. Pada 2016 peringkatnya meroket, yakni menduduki peringkat 112.

"Jadi, naik 200 peringkat lebih," katanya saat memberikan sambutan dalam wisuda ke XIII Unirow Tuban, Rabu (23/11/2016).

Dia menambahkan, selain peringkat naik, nilai atau poin perguruan tinggi ini juga melesat. Tahun 2016 Unirow meraih nilai 256 poin, dibandingkan dengan 2015 hanya 176 poin. Di jajaran universtias di Jawa Timur peringkat universitas dengan lima fakultas ini juga naik tajam.

Tahun 2015, Unirow peringkat ke-74 dari 82 universitas di Jawa Timur. Pada 2016 menduduki peringkat 42. "Saya meminta terus berbenah. Tahun 2017 targetnya harus 20 besar univeritas terbaik di Jatim," kata Suprapto.

Penilaian tersebut menurut dia, berdasarkan rapor yang dibuat oleh kopertis. Dia mengatakan, setiap tahun punya rapor perguruan tinggi di wilayahnya, dan rapor itulah yang dibacakan.

"Kalau Unirow mendapat peringkat yang baik, itu karena upaya dan kerja kerasnya," kata profesor.

Ditambahkan Suprapto, 1800 yang diwisuda pada Rabu-Kamis (23-24/11/2016), sudah masuk dalam data base mahasiswa di kementerian ristek dan teknologi serta pendidikan tinggi (Kemenristekdikti). Sehingga, nama wisudawan diakui dan benar-benar tercatat sebagai mahasiswa.

"Jadi, tidak usah khawatir, anda tercatat di database dan ijazah para wisudawan diakui," tutur dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein mengatakan, Unirow adalah perguruan tinggi terbesar di Tuban. Dia berharap, keberadaannya terus bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban.

"Ini merupakan aset masyarakat Tuban. Unirow juga kampus terbesar di Tuban dan akan menjadi terbaik di Jawa Timur," kata dia. Pejabat yang pernah menjadi dosen di Unirow ini berjanji akan memprioritaskan lulusan Unirow untuk bisa bekerja di Tuban. [rom]