Selamatkan Alam, MI Syalafiyah Bangilan Tebar Ribuan Nila

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ribuan bibit ikan nila ditebar di sebuah embung (waduk) di kawasan Punggur, Desa Banjarworo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Selasa (22/11/2016).

Kegiatan menyelamatkan alam yang dilakukan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Bangilan itu dengan maksud melestarikan ikan-ikan danau dan sungai yang telah punah akibat dari pengambilan ikan degan merusak ekosistem air tawar.

"Tujuannya untuk menjaga habitat ikan tawar yang hampir punah karena diambil dengan cara diobati dengan bahan kimia seperti apotas, puradan, dan setrum," jelas guru pendamping, Rohmat Sholihin, kepada blokTuban.com, Selasa (22/11/2016).

Pihak sekolah berharap, semoga ikan jenis danau dan sungai yang telah punah dapat kembali menempati habitatnya dengan baik dan mampu berkembang biak.

"Ada 1000 lebih benih ikan nila yang kita tebar," imbuhnya.

Sementara seorang siswa kelas 6 B, Syamilul Kafa merasa bangga bisa ikut melestarikan alam di daerah tempat tinggalnya. Ia berharap ikan tawar di perairan embung Punggur tidak punah.

"Mudah-mudahan ikan air tawar bisa berkembang biak dengan baik dan tidak punah," ucap Syamilul Kafa.

Data yang diperoleh blokTuban.com dari pihak sekolah, kegiatan hanya sebatas menebar. Tidak perlu ada perawatan selanjutnya, karena ikan nila termasuk ikan air tawar jenis danau dan sungai yang mampu bertahan dengan baik tanpa harus melakukan perawatan yang khusus. [rof/ito]