Berupaya Evakuasi Bangkai Kapal, Tali Crane Putus
Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com - Tim Basarnas berusaha penuh untuk menemukan 12 korban ABK KM Mulya Sejati yang belum ditemukan akibat mengalami kecelakaan laut dengan Kapal Vietnam Payton 4, Sabtu (19/11/16) sekitar pukul 04.00 WIB.
 
Pencarian yang dilakukan di hari ketiga kali ini, Senin (21/11/16) tidak membuahkan hasil, 12 korban nelayan tradisional tersebut masih belum ditemukan.
 
Berbagai upaya dilakukan oleh Tim Basarnas, dari mulai melakukan penyisiran lokasi sekitar kapal hingga melakukan pengangkatan bangkai kapal. Namun, pada upaya pengangkatan bangkai kapal dengan crane, tali seling yang digunakan tidak mampu menahan beban bangkai kapal hingga akhirnya terjatuh.
 
Kasi Ops Basarnas Surabaya, Gusti Anwar dalam keterangan rilisnya mengatakan, Tim Basarnas sudah berupaya penuh untuk menemukan 12 korban yang belum diketahui keberadaannya tersebut. Seperti, mencoba mengangkat bangkai kapal.
 
"Tali selingnya jatuh, sehingga bangkai kapal kembali terjatuh," jelasnya.
 
Gusti menambahkan, saat mengangkat bangkai kapal crane sudah menggunakan tali seling sebanyak 5 utas. Lalu tali seling itu terputus 3 buah, sehingga hanya tinggal 2 seling.
 
"Dua seling tidak mampu menahan beban berat kapal, akhirnya bangkai kapal terjatuh," pungkasnya. [nok/col]