Mesin Traktor Milik Gapoktan Montongsekar Digondol Maling

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mesin Diesel Traktor di Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban menjadi sasaran Maling. Mesin tersebut milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) desa setempat, Senin (21/11/2016).

Mesin Traktor jenis Kubota bantuan dari Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Tuban tahun 2007 itu hilang setelah malamnya ditinggal di area persawahan Desa Montongsekar milik anggota Gapoktan.

Ketua Gapoktan Rakimo (65) mengatakan mesin diesel itu diketahui tidak berada pada tempatnya pagi hari sekitar pukul
06.00 WIB. Saat itu warga yang biasanya mengorasikan traktor akan memulai menggarap milik warga, namun ia terkejut setelah mendapati mesin traktornya tidak ada.

"Setelah dari sawah dan mengetahui mesin diesel itu hilang warga yang biasa mengoperasikan traktor itu langsung lapor kepada saya," ungkap Rakimo kepada blokTuban.com.

Akhirnya laporan itu pun dilanjutkan kepada pihak yang berwajib dan pihak UPTB-UPTD wilayah Kecamatan Montong. Sementara itu, Kapolsek Montong IPTU Rukimin membenarkan kejadian itu, memang ada laporan mesin traktor milik salah satu Gapoktan di Desa Montongsekar hilang di area persawahan dan itu diketahui pada pagi hari.

"Setelah menerima laporan dari ketua Gapoktan, kami langsung mendatangi dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan untuk lebih lanjutnya kejadian ini masih dalam penyelidikan. Untuk kerugian kami  belum bisa menaksirkan karena itu traktor bantuan," terang Kapolsek Montong.

Ia menambahkan setiap kali sosialisasi maupun kumpulan bersama para petani pihaknya terus memberikan himbauan agar setelah traktor itu dipergunakan, hendaknya untuk dibawa pulang dan ditaruh di tempat yang aman. [hud/col]