Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Anggota DPRD Kabupaten Tuban kembali melakukan kunjungan ke Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing untuk bertatap muka dengan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan anggota legislatif itu bertujuan mendengarkan aspirasi yang nantinya akan dibahas dalam rapat paripurna.

Pada reses di Desa Sendang, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Sabtu malam, (19/11/2016) Ach. Husam, Anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang sekarang duduk di Komisi A membidangi  pemerintahan, Hukum, dan Perizinan.

Beberapa harapan dan keluhan masyarakat yang disampaikan masyarakat di antaranya, kurangnya ketersediaan lapangan kerja atau pelatihan keahlian berbasis kepemudaan dan permintaan adanya pemberdayaan masyarakat pedesaaan.

Kepala Desa (Kades) Sendang, Minan Nurirohman yang ikut datang mengikuti reses, menyambut baik atas jaring aspirasi yang diadakan di Desa Sendang, Kecamatan Senori oleh Anggota DPRD Tuban.

"Ini kesempatan warga masyarakat Desa Sendang dan pemuda menyampaikan aspirasinya kepada wakil rakyat," ujar Kades yang akrab disapa Minan itu.

Sementara itu, dalam jaring aspirasi salah seorang pemuda bernama Amin menyampaikan keluhan yang dialami para pemuda setempat. Menurut Amin pemuda desanya saat ini membutuhkan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk menampung tenaga kerja lokal.

"Kami berharap ketersediaan lapangan kerja atau pelatihan keahlian berbasis kepemudaan harus diadakan," ucap Amin.

Hal senada juga di ungkapkan oleh tokoh pemudi lain, Ainurrahmah. Dirinya menanyakan kepada wakil rakyatnya terkait pemberdayaan pelatihan untuk pemuda dan pemudi. "Semoga usai reses, pemberdayaan untuk pemuda dan pemudi terealisasi," tandasnya.

Sementara Ach. Husam dalam paparannya mengatakan, agenda jaring aspirasi oleh Anggota DPRD Tuban, dilaksanakan 19 - 22  November 2016. Di Kecamatan Senori merupakan reses kali pertama, dan berlanjut di kecamatan lain.

Anggota DPRD yang akrab disapa Gus Mad itu juga berharap dalam outputnya pada reses nanti, terjalin komunikasi dengan Masyarakat khususnya tokoh pemuda. Dengan begitu, akan mempersatukan elemen kepemudaan untuk saling memajukan dan mendukung pembangunan di desa maupun kecamatan.

"Hasil reses yang berisi usulan dari kepemudaan akan kami sampaikan di rapat DPRD Tuban," kata Gus Mad. [rof/col]