Sekda: Sisa 40% Anggaran Harus Terserap Efektif

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban Tahun Anggaran 2016 masih belum terserap secara efektif.

Dari anggaran senilai sekitar 2 triliun lebih, hingga kini masih terserap 60 persen. Dengan adanya Anggaran yang belum digunakan tersebut membuat Pemkab harus lebih memeras tenaga untuk mewujudkan program yang belum terealisasikan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan, disisa waktu dua bulan jelang akhir tahun ini akan diupayakan untuk memaksimalkan anggaran bagi setiap instansi yang belum menjalankan program-programnya.

"Kita akan lakukan rapat dulu untuk mengumpulkan seluruh kepala di setiap instansi kedinasan," ujar Budi sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Minggu (6/11/2016).

Menurutnya, langkah tersebut tentu merupakan jalan ataupun solusi untuk mengevaluasi mana saja program yang belum dijalankan oleh masing-masing instansi. Jika tidak dilakukan rapat untuk evaluasi tentu akan semakin bias nantinya.

"Kita akan segera lakukan rapat untuk kepala SKPD," terangnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah itu menambahkan, setelah dilakukan evaluasi dan terdapat poin-poin yang sekiranya sangat urgen untuk dijalankan, maka tentu akan menjadi prioritas utama untuk direalisasikan.

"Yang terpenting akan kita rapatkan untuk dievaluasi terlebih dulu, nanti kita akan mengetahui poin-poin kekurangannya," pungkas Budi Wiyana. [nok/rom]