Bersihkan Jembatan dengan Metode Rope Access

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pembersihan jembatan yang menghubungkan Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dan Desa Glendeng, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (2/10/2016) menggunakan metode rope access atau akses tali.

Informasi blokTuban.com di lapangan, beberapa peralatan tali temali digunakan dalam aksi kebersihan lingkungan tersebut. Pada sejumlah relawan yang turut aksi pula melengkapi diri dengan peralatan safety guna keamanan.

"Kita dari kelompok komunitas roof accesss menggunakan tali pada spot tertentu untuk mengambil sampah yang tidak dapat diambil kecuali dengan keahlian khusus," kata Direktur Ronggolawe Recue Team, M Humam.

Tenaga relawan yang menggunakan metode akses tali, kata Humam berasal dari Tuban sendiri. Terkait keahlian rope access sudah dikembangkan dan menjadi standar internasional untuk safety keamanan.

"Sistem vertical rescue yang diterapkan, selain mengambil spot yang tidak bisa dijangkau biasanya digunakan industri di Tuban," kata Humam menambahkan.

Terkait sampah, masih menurut Humam ada dua cara untuk mengatasinya. Pertama sampah yang memungkinkan akan diangkat ke atas untuk dibawa truk. Sementara yang di bawah tiang jembatan, lanjut Humam kalau tidak bisa dinaikan akan dibebaskan atau dihanyutkan biar tekanan air pada tiang sedikit ringan.

"Kami sebenarnya dilema, kalau diangkat pasti tidak bisa maksimal, kalau nanti BPBD datang dapat dibantu dengan perahu untuk dipinggirkan," ujar Humam. [dwi/col]