Malam Suro, Warga Beri Makan Ikan dan Kera di Sendang Bektiharjo

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Ratusan warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, memadati sendang di area wisata pemandian Bektiharjo, Sabtu (1/10/2016) malam. Mereka menggelar ritual barik'an atau sedekah untuk menyambut malam 1 Suro atau 1 Muharram 1438 Hijriah.

Selain itu, warga juga beramai-ramai memberi makan ikan di sendang Bektiharjo. Juga memberi makan kera-kera yang selama ini hidup di area sekitar. Dua hewan tersebut memang menjadi ikon di lokasi pemandian Bektiharjo.

Ritual ini sebagai simbol kalau masyarakat ingin selalu berdampingan dengan alam sekitar. Di mana telah memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat.

"Masyarakat kan sedang makan-makan di sini, jadi ikan dan kera juga kita kasih makan," jelas juru kunci pemandian Bektiharjo, Hartono, di lokasi.

Secara umum, ritual barik'an yang dilakukan warga merupakan perwujudan rasa syukur. Warga membawa makanan sendiri dan dikumpulkan bersama. Usai berdoa mereka menyantap makanan bersama agar tali silaturahmi antar warga tetap terjaga.

"Kita bersyukur masih mendapatkan kesempatan menyongsong bulan suro atau bulan Muharram. Awal tahun semoga kita mendapatkan kebaikan, lancar rizki, dan juga kesehatan," jelas pria berusia 63 tahun tersebut.

Usai makan itulah, beberapa warga langsung membasuh tangan dan muka di air sendang yang jernih. Beberapa terlihat menaburkan makanan di sendang, dan juga ada yang membawakan buah-buahan agar bisa disantap kera-kera yang ada di lokasi. [pur/ito]