Nikmati Keindahan Waduk Ngerong di Dataran Tinggi Pekuwon

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Destinasi wisata alam di Kabupaten Tuban seakan tidak habis untuk diulas. Berbagai wistata rohani, bahari, goa dan bahkan sumber air alami menjadi icon Tuban Bumi Wali ini. Kali ini, Waduk Ngerong yang terletak di dataran tinggi Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel dapat menjadi alternatif menghabiskan liburan di akhir pekan ini.

Desa yang memiliki luasan 6,23 hektare tersebut cukup masyur sekitar Kecamatan Rengel. Apa pasalnya? Memiliki sumber air alami dan sebuah bangunan waduk yang dinamai Ngerong cukup menarik perhatian. Pada hari minggu atau musim libur, kalangan anak muda kerap menyempatkan diri mengunjungi waduk buatan tersebut.

Mencapai Waduk Ngerong cukup mudah lantaran akses jalan memadai, hanya saja berada di dataran tinggi harus memperhatikan tiap belokan. Dari Kantor Kecamatan Rengel, jarak sekitar 2,3 kilometer memiliki waktu tempuh tidak sampai 10 menit dengan kendaraan bermotor kecepatan sedang.

Pantauan blokTuban.com di lokasi sumber air, terdapat beberapa konstruksi bangunan di sekelilingnya. Tepat pada area sumber, terdapat semacam parit berdinding cor sebagai tempat air mengalir dan terdapat pipa penyaluran air. Konon pipa tersebut mengalirkan air ke rumah-rumah warga setempat.

Lebih luas memandang, tepat di sebelah sumber air terdapat bangunan sejenis gazebo yang disediakan guna tempat berteduh atau beristirahat. Pada depan gazebo dengan disipashkan jalan sempit beraspal terdapat icon utama yakni Waduk Ngerong, begitu masyarakat setempat menyebutnya.

salah seorang remaja setempat saat ditemui blokTuban.com, Topan mengatakan waduk tersebut kerap dijadikan objek memancing di akhir pekan. Tidak hanya itu, sebagian warga memanfaatkan untuk mandi dan sarana berenang gratis.

"Sudah tiga tahun lebih (Waduk Ngerong, red) dibangun," kata Topan menambahkan.

Sementara itu, Camat Rengel, M Mahmud terkait keberadaan Waduk Ngerong dapat dijadikan destinasi wisata lokal cukup potensial. Menyajikan keindahan alam yang natural, ditambah beberapa fasilitas memadai akan menambah nilai jual Waduk Ngerong.

Pada bangunan kolam atau waduk, lanjut Mahmud sempat diberi bantuan berupa benih ikan. Hanya saja perawatan yang belum maksimal, potensi dibukanya kolam pemancingan tidak berjalan sesuai harapan.

"Diharapkan ada kesadaran masyarakat dalam merawat potensi wisata Desa Pekuwon," kata Mahmud.[dwi/ito]